WEBSITE

MamaOla

UNTUK MELIHAT ARTIKEL 2000-2009, KLIK ANAKMUDA.NET

UNTUK MELIHAT ARTIKEL 2010-DST, KLIK GF!ONLINE

KESURUPAN

‘Ren, udah nonton film Kesurupan belom?’ tanya Anto sama Rendi.
‘Udah, ‘kan kemaren ada di TV.’
‘Yup.’
‘Tapi gue jadi penasaran, kalo di dunia nyata bisa gak ya, orang kesurupan sampe kayak gitu? (dp)

GF!ers yang pernah nonton film The Exorcist, Kesurupan ato suka nonton film hantu mungkin gak aneh sama adegan di mana ada orang yang kerasukan setan, sampe bisa ngamuk-ngamuk gak jelas, banting sana-sini, teriak-teriak, barang-barang berterbangan ke sana-ke sini. Bisa gak ya kejadian gak sih di dunia nyata?

Jawabannya cuman satu. IYA. Kejadian kayak di film-film horor itu emang bisa kejadian lagi!, Cuma mungkin kejadiannya kadang gak se-dramatis kayak di film-film, sampe ada benda-benda berterbangan ke sana-sini segala.

PROSES KESURUPAN
Rasanya gak mungkin banget deh kalo kita belum pernah denger istilah kesurupan. Pasti minimal pernah denger dong, biar cuma sekali doang. Tapi sebenarnya apa sih kesurupan itu? Kalo kata orang yang lebih ahli, kesurupan itu artinya badan kita dikuasai sama iblis jadi kita gak sadar apa yang kita lakuin.

Kenapa ada orang yang bisa kesurupan? Wah itu panjang ceritanya, tapi kalo mo tau kenapa orang bisa kesurupan baca aja ‘Kok Bisa Kesurupan?’ Cuma ada satu yang mesti kita inget baik-baik, kesurupan itu butuh proses. Jadi gak langsung buuum, simsalabim, abrakadabra, orang bakal langsung kesurupan. Gak gitu ceritanya.

Menurut Kak Siska Widjaya ada beberapa tahap sebelum seseorang itu bisa kesurupan. Pertama, orang itu belum lahir baru, otomatis waktu itu tubuhnya en semua yang dia punya itu milik si iblis. Tahap kedua, orang itu makin lama dia makin ‘akrab’ sama si iblis, suka main bareng, suka jalan bareng, ini udah bahaya, karena cuma tinggal selangkah lagi makin gampang lah si iblis menguasai tubuhnya. Sampe akhirnya si iblis bisa menguasai tubuh orang itu sepenuhnya en itulah yang kita kenal sebagai kesurupan.

Itu ‘kan buat orang yang belum lahir baru. Gimana sama orang yang udah lahir baru? Prinsipnya sih sama, orang itu tanpa sadar (mungkin) ‘jadian’ sama si iblis. Nah kalo udah gini kasusnya tinggal tunggu tanggal mainnya aja kapan si iblis bakal menguasai tubuh orang itu alias kesurupan.

KOK BISA KESURUPAN?
Kenapa orang bisa kesurupan? Soalnya ada setan yang masuk tubuhnya. Ya iyaaalah kemasukan setan. Kesurupan bisa terjadi soalnya si iblis itu punya kemampuan khusus bisa masuk dalam tubuh manusia, binatang ato benda-benda tertentu. Syaratnya manusia, hewan, ato benda itu mesti punya ‘pintu’ buat si iblis masuk. Apa aja sih yang bisa jadi ‘pintu’ buat si iblis masuk dalam tubuh kita en menguasainya? (plus ‘bonus’ gimana biar si iblis gak bisa masuk)

o Kutuk nenek moyang
Pernah liat gak ada satu keluarga, yang tiap generasinya minimal ada satu orang yang ketiban sial. Bisa jadi rumahnya kebakaran, kecelakaan, ato apa aja. Tapi di tiap generasi hal itu pasti aja terjadi. Maksudnya di zaman kakeknya terjadi, terus di zaman papanya juga terjadi, terus di zaman anaknya juga, di zaman cucunya juga, di zaman cicitnya juga.

Nah bisa jadi keluarga itu harus kena kutuk nenek moyang ato kutuk keturunan. Maksudnya ada akibat/dampak/pengaruh negatif yang mesti dialami seseorang gara-gara dosa orang tuanya, kakek-neneknya atau leluhurnya. Kok kayaknya gak adil banget sih, yang salah siapa, yang harus nanggung siapa? Tapi emang itulah kenyataannya.

Solusinya?
Cuma satu kata. Pelepasan. Supaya kita lepas dari kutuk nenek moyang kita mesti pelepasan (bukan ‘pelepasan’ di WC ya...) maksudnya kita mesti lepas dari semua ikatan yang mengikat kita dengan nenek moyang kita. Karena kita udah di dalam Kristus, semua ikatan yang gak perlu mesti diputusin. Gimana cara pelepasan?

o Bisa minta hamba Tuhan di gereja kita buat doain pelepasan buat kita.
o Ato kita bisa bikin pelepasan sendiri. Caranya dengan bikin pengakuan iman kalo kita udah gak ada hubungan lagi sama dosa nenek moyang kita. Contoh pengakuan imannya, ‘Dalam nama Yesus, aku adalah ciptaan baru dalam Kristus, semua kutuk nenek moyang aku hancurkan dalam nama Yesus. Tidak ada lagi kutuk yang mengikatku. Aku telah bebas dalam nama Yesus. Darah Yesus melingkupiku. Aku bebas!’ Nah pengakuan iman ini diucapin dengan suara keras en penuh keyakinan. Yakinlah kalo kita emang punya kuasa buat mutusin semua kutuk .

“Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu. “ (Lukas 10:19)

o Pernah bikin perjanjian sama setan
Mungkin kita gak pernah secara langsung bikin perjanjian sama setan, tapi siapa tau orang tua kita? Nah kalo kita (ato ortu kita) pernah bikin perjanjian sama si iblis, sama aja artinya kita nyerahin tubuh kita buat si iblis. Makanya gak heran kalo orang yang pernah bikin perjanjian sama setan gampang banget kesurupan.

Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
(Keluaran 20:3)

Solusinya?
Pelepasan. Gak ada lagi yang lain. Caranya? Sama kayak di atas.


o Hubungan sama Tuhan lagi jelek
Coba bandingin. Kapan kita jadi gampang banget bikin dosa? Waktu hubungan pribadi kita sama Tuhan lagi bagus ato sebaliknya, waktu hubungan pribadi kita sama Tuhan lagi jelek?

Pasti yang kedua. Soalnya waktu hubungan pribadi kita sama Tuhan lagi bagus, kita bisa rasain kasih Tuhan en kasih itu bakal buat kita susah bikin dosa. Sebaliknya kalo hubungan pribadi kita sama Tuhan lagi jelek, kita bakal di luar kasih Tuhan en gampang banget buat kita dikuasai si iblis.

Solusinya?
Jaga hubungan sama Tuhan dengan baik. Emang kita semua punya kesibukan masing-masing. Malah kadang saking sibuknya, kita sampe gak tidur. Tapi ada baiknya kita ikutin teladan Yesus, sesibuk apapun, secapek apapun Dia tetap disiplin buat ‘say hi’ en chit-chat sama BapaNya.

Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana (Markus 1:35)

o Jiwanya lagi labil
Survey membuktikan kalo kebanyakan orang yang kesurupan jiwanya lagi gak stabil. Maksudnya jiwanya gak stabil itu, bisa jadi lagi ada masalah ato lagi banyak pikiran, ato lagi putus asa banget, sampe bikin dirinya stress berat. Nah ini sebenarnya udah masuk kelainan jiwa, tapi masih tahap awal sih. Orang yang kayak gini gampang banget dikuasain sama iblis.

Solusinya?
Isi diri kita sama Firman Tuhan en Roh Kudus sampe penuh. Yang namanya masalah emang pasti selalu ada, tapi kalo kita penuh sama Firman Tuhan, kita bakal selalu punya damai sejahtera di tengah masalah. Makanya penting banget baca Alkitab, merenungkan en menghapalkan isinya kalo perlu. Gak kalah penting juga minta Roh Kudus penuhin kita tiap hari.

Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,
(Efesus 5:18)

o Pikirannya lagi kosong
Pernah liat orang yang pikirannya kosong? Kayak orang bego, tatapan matanya beda, kayak kosong, melompong, kayak sapi ompong… gak ada semangat. Kenapa bisa gitu ya? Banyak sebabnya. Mungkin lagi banyak masalah, ato emang lagi pengen kali yaa... anyway bahaya banget kalo pikiran kita kosong, soalnya pikiran kita bisa dengan gampang dikuasain sama ‘pihak lain’. Makanya ati-ati sama ajaran yang bilang kita mesti kosongin pikiran, penipu tuh, yang ada malah kita dikuasai si iblis.

Solusinya?
Biar gak kosong, pikiran kita mesti penuh sama firman en Roh Kudus. Caranya? Sama kayak di atas.

o Ada dosa yang belum beres
Dosa yang belum kita beresin di hadapan Tuhan itu kayak luka kecil yang kena infeksi. Keliatannya gak apa-apa, tapi lama-lama bisa jadi kanker ato tumor. Dosa yang belom beresin juga bakal jadi celah yang mantap buat si iblis menguasai diri kita.

Solusinya?
Boleh juga kita ikutin caranya Ayub. Dia selalu minta ampun buat dosa anak-anaknya, soalnya dia sadar bisa jadi ada dosa yang dilakuin anak-anaknya tanpa sadar (Ayub 1:5). Gak ada salahnya kita tiap hari minta ampun buat dosa kita, soalnya siapa tau kita bikin dosa yang gak kita sadarin. Dari pada jadi celah buat iblis mending kita minta ampun tiap hari, tiap saat.

Setiap kali, apabila hari-hari pesta telah berlalu, Ayub memanggil mereka, dan menguduskan mereka; keesokan harinya, pagi-pagi, bangunlah Ayub, lalu mempersembahkan korban bakaran sebanyak jumlah mereka sekalian, sebab pikirnya: "Mungkin anak-anakku sudah berbuat dosa dan telah mengutuki Allah di dalam hati."
(Ayub 1:5)

o Ada luka batin
Yang disebut luka batin itu adalah luka yang emang adanya di hati kita. Misalnya kita kesel ato kecewa sama seseorang, terus kita pendam terus. Nah itu contoh luka batin. Yang parahnya kadang kita suka gak sadar kalo kita ada luka batin, nah loh... padahal luka batin ini bisa jadi celah yang baik buat si iblis buat menguasai kita.

Solusinya?
Cuma satu. Inner healing. Kita bisa minta hamba Tuhan yang emang punya karunia khusus di bidang inner healing buat doain kita. Agak susah sih buat inner healing sendiri karena kadang kita gak tau apa sih akar masalahnya, kalo ada orang lain ‘kan jadi lebih gampang.

The Spirit of the LORD is upon Me, Because He sent Me... to heal the brokenhearted. (Roh Tuhan ada padaKu karena... Dia mengutusKu untuk menyembuhkan yang terluka hatinya). (Lukas 4:18)

KERASUKAN ROH ORANG MATI, BISA GITU?
Beberapa taun yang lalu dunia kekristenan Indonesia sempat heboh gara-gara ada fenomena ‘orang hidup dirasuki roh orang mati’. Udah gitu roh orang matinya bisa diinjili lagi. Sebenarnya hal kayak gitu bukan barang baru. Dari zaman dulu juga, banyak dukun, peramal yang ngaku-ngaku bisa manggil roh orang mati buat merasuki tubuh mereka buat kasih pesan terakhir sama orang yang masih hidup.

Nah yang jadi pertanyaan, apa benar bisa begitu? Bukannya roh orang mati gak bisa balik lagi ke dunia orang hidup? Kalo ditanya gitu, GF! juga bingung mo jawab apa. Soalnya ada beberapa ajaran yang bilang bisa, ada yang bilang gak bisa. Mana yang benar? Terserah keyakinan masing-masing aja...

Ajaran # 1
Ada yang bilang kalo roh orang mati itu sebenarnya gak kemana-mana. Setelah tubuh mereka berhenti napas, roh mereka mengembara di dunia ini. En karena mereka roh, mereka bisa dengan gampang masuk ke tubuh manusia yang mereka mau, asal orangnya buka celah.

Ajaran # 2
Ada yang bilang juga kalo roh orang-orang yang semasa hidupnya terikat banget sama dunia en meninggal sebelum waktunya, pas matinya sama si iblis dibikin jadi ‘roh gentayangan’. Karena roh ini sangat terikat sama dunia, roh ini selalu nyari tubuh manusia buat dirasuki, supaya dia bisa nikmatin hidup kayak dulu lagi.

Ajaran # 3
Ajaran yang satu ini populer banget di kalangan orang Kristen. Semua roh orang mati masuk ke sebuah ‘ruang tunggu’. Di sana mereka nungguin saatnya mereka bakal dihakimi. Mereka gak bisa berkeliaran di dunia lagi. Nah kalo ada roh orang mati yang merasuki orang hidup itu bukan roh orang mati, tapi roh iblis yang menyamar.

Ajaran # 4
Ada juga yang bilang kalo dalam kondisi normal, orang hidup gak bisa kerasukan roh orang mati. Tapi kalo orang itu sengaja ‘manggil’ roh orang mati itu (menurut mereka ada beberapa roh orang mati bisa dipanggil) or ada ikatan batin yang sangat kuat dengan orang yang mati itu, bisa jadi dia kerasukan roh orang mati.

Ajaran # 5
Ada lagi ajaran yang bilang kalo ‘roh orang mati’ yang masuk dalam diri orang hidup itu sebenarnya ‘familiar spirit’ (roh jahat yang kenal baik, sifat, kebiasaan, kekuatan, kelemahan en hal-hal yang terjadi dalam hidup orang itu). Nah, roh ini masuk sebagai roh orang mati yang dikenal sama orang itu.

Gimana menurut GF! ?
Kalo buat GF! let’s back to bible aja. Alkitab ‘kan bilang kalo manusia itu cuma ditetapin buat mati sekali doang terus diadili. Selesai. Jadi gak ada ceritanya kalo roh orang mati bisa masuk lagi ke badan orang hidup.

Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi. (Ibrani 9:27)

Kedua, di Alkitab juga gak ada cerita tentang orang yang kerasukan roh orang mati. Kalo orang kerasukan setan sih banyak, hehehe. Jadi kalo buat GF! kerasukan roh orang mati itu gak mungkin banget deh...


KALO ADA YANG KESURUPAN
Apa yang bakal kita lakuin kalo tiba-tiba harus berhadapan sama orang yang kerasukan setan?

a. Kabuuur! Selamatkan diri! Awas setan ngamuk!
b. Langsung kasih tau semua orang di sekitar, ‘Ada orang kesurupan. Ada orang kesurupan...’
c. Nonton. Kapan lagi nih bisa liat orang kesurupan dari dekat, live lagi.
d. Keluarin handphone, cari nomor telepon pak pendeta.
e. Cari bala bantuan buat megangin orang yang kesurupan biar gak ngamuk

Kalo kita milih salah satu dari jawaban di atas, artinya kita masih belum lulus ujian praktek buat mata pelajaran ‘manifestasi kuasa Allah’, hehe. Kita sebagai orang Kristen (apalagi yang udah bertaun-taun jadi Kristen, udah ikutan banyak kegiatan gereja, udah banyak dengar pengajaran) harusnya kalo liat orang kesurupan ya langsung turun tangan aja. Gak usah cari orang lain, apalagi sampe kabur segala. Nah, in case kita beneran ketemu orang kesurupan, ini yang mesti kita lakuin:

· Stay cool
Hal pertama yang mesti kita lakuin kalo ada orang kesurupan, tetap tenang. Ya, pada saat hal itu terjadi di depan mata kita, pasti ada perasaan gentar, tapi kuatkan hati dan diri kita, gak usah mikir yang macam-macam. Inget Tuhan pasti melihat dan menolong, dan pokoknya tenang aja. Tenangin diri. Inget loh setan emang gak bisa baca pikiran kita, tapi dia bisa rasain kalo kita takut. So first step is to stay cool.

· Usir dalam nama Yesus
Kalo ketemu orang kesurupan, gak usah banyak cing cong, bla bla bla, doa panjang lebar, langsung aja tumpangin tangan (kalo perlu) en bilang ‘Dalam nama Yesus aku usir kau keluar dari diri orang ini!’ dengan yakin. Simpel. Yang penting waktu kita pake nama Yesus, kita mesti yakin en jangan takut, kalo gak, bisa-bisa kita diketawain ama si setannya. En yang paling penting, kalo mo usir setan pake nama Yesus, pastiin dulu kita punya hubungan yang intim sama Yesus, nanti malah kayak anak-anak Skewa lagi! (baca Kisah 19:13-16)

· Layani orangnya
Kalo setannya udah keluar, giliran orangnya yang kita layani. Biasanya orang kesurupan gara-gara ada masalah tertentu. Nah kalo suasananya udah enak, kita bisa ajak ngomong orangnya, cari tau ada masalah apa yang bisa kita bantu, doain, en kalo perlu bikin janji buat ketemu lagi, siapa tau masalahnya butuh waktu lama baru selesai. Bisa juga kita ajak teman kita yang emang spesialis di bidang kesembuhan luka batin (inner healing).

· Awas serangan balik
Nah satu lagi yang penting, abis melayani orang yang kesurupan, kita mesti ati-ati sama yang namanya serangan balasan dari si iblis. Biasanya yang jadi serangan balik si iblis itu orang-orang yang terdekat sama kita ato diri kita sendiri. Jadi jangan lupa minta perlindungan Tuhan buat kita dan orang terdekat kita. Tapi jangan juga kita jadi parno takut serangan balik si iblis. Biasa aja lagi. Yang penting kita udah minta darah Kristus melindungi kita, itu juga udah cukup.

KESURUPAN MASAL: TREND BARU?
Kalo dulu-dulu orang seringnya kesurupan sendiri-sendiri, sekarang-sekarang, kalo kita rajin baca koran, sering banget kejadian kesurupan masal di mana-mana. Kenapa ya? Apa ini lagi trend baru dari si iblis? Bosen bikin kesurupan satu orang sekalian bikin kesurupan banyak orang sekaligus?

Sebenarnya penjelasan kenapa bisa ada kesurupan masal itu sederhana banget. Pertama, itu artinya di tempat itu emang banyak setannya (ya iyalaah...), ato bisa dibilang tempat itu sarang setan. Kedua, orang-orang yang kesurupan waktu itu sebenarnya tanpa sadar punya celah yang sama buat si setan masuk dalam diri mereka. Misalnya aja orang-orang yang kesurupan pernah main jelangkung ato mereka punya masalah emosional yang sama. Gitu aja penjelasannya. Simpel ‘kan? Terus ngapain dong kalo ada kesurupan masal? Ya sama aja, usir aja dalam nama Yesus, layani orangnya, en jangan lupa sucikan juga tempatnya.